BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/
INSTITUSI PASANGAN
2.1 Sejarah Perusahaan/ InstitusiPasangan
STIKOM Poltek Cirebon dahulu bernama AMIK POLTEK Cirebon
didirikan pada tahun 1993 oleh Yayasan Poltek Indonesia dengan Akta Notaris Neli Amalia ,SH. No. 02/Not.Pgt/IV/1993
tanggal 7 April 1993 berkedudukan di Jalan Brigjen Darsono No.33 Cirebon. Mengingat animo masyarakat calon mahasiswa daritahun ketahun cukup tinggi untuk melanjutkan ke AMIKPoltek Cirebon, maka pada tahun 2000 yayasan Poltek Indonesia mengajukan perubahan bentuk dari akademi menjadi sekolah tinggi yang dengan Ijin Mendiknas RI . No.04/D/O/2003
menjadi Sekolah Tinggi IlmuKomputer (STIKOM) Poltek Cirebon
Padatahun 2000 AMIK Poltek Cirebon berubah status menjadi Sekolah TinggiIlmu Komputer (STIKOM) dengan program
Studi sebagai berikut :
1. Tenik Informatika S 1 SK. Mendiknas RI No. 94/D/O/2001
telah terakreditasi melalui BAN PT RI No. 008/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VI 2002
tanggal 10 Juni 2002.
2. Sistem Informasi S 1 SK. Mendiknas RI No. No. 94/D/O/2001 telah terakreditasi melalui
BAN PT RI No. 008/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VI 2002 tanggal 10 Juni 2002
3. Manajemen Informatika D 3 SK. Mendiknas RI. No.94/D/O/2001
telah terakreditasi dengan Peringkat “B” melalui BAN PT RI No.
008/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VI 2002 tanggal 10 Juni 2002
4. Manajemen Informatika D 1 SK. Mendiknas RI 94/D/O/2001
telah terakreditasi melalui BAN PT RI No. 001/BAN-PT/Ak-I/Dpl-I/2004 tanggal 09
Januari 2004
5. Komputerisasi Akuntansi D 3 SK. Mendiknas RI No. 94/D/O/2001
telah terakreditasi melalui BAN PT RI No. 008/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VI 2002 tanggal
10 Juni 2002
2.2 SetrukturOrganisasi Perusahaan
2.3 Uraian tugas (Job description)
1. KETUA
Memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi, serta hubungannya dengan lingkungan. Membina dan melaksanakan kerjasama dengan instansi, badan swasta dan masyarakat untuk memecahkan persoalan yang timbul,terutama menyangkut bidang tanggung jawabnya.
2.
STAFF AHLI
Mengecek
semua kegiatan kampus, Melaksanakan fungsi manajemen tertinggi di kampus, Menjalin
hubungan dan lobbying antar lembaga, Menghadiri dan mewakili kampus di forum-forum resmi
3. PUKET 1
Membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
4.
PUKET 2
Memonitoring
bagian BAAK & BAU
5.
PUBLIC RELATION
Berhubungan
langsung dengan masyarakat, seperti bagian publikasi atau memperkenalkan
langsung Kampus
6.
KEPALA BAAK/BAU
Melakukan
fungsi manager keuangan, sumberdaya manusia dan sarana prasarana universitas. Mengumpulkan,
mengkompilasi laporan dari unit-unit pelaksana teknis untuk dilaporkan ke Ketua
7. STAFF BAAK/BAU
·
Mengadministrasikan
data keuangan yang terkait dengan kegiatan–kegiatan kampus
·
Menyusun
laporan data keuangan
8. KA. PRODI
·
Mengkoordinasikan dan
Melaksanakan pendidikan dan / atau profesional.
·
Melaksanakan dan
mengembangkan pendidikan.
·
Melaksanakan penelitian
untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
·
Melaksanakan pengabdian
kepada masyarakat.
·
Melaksanakan pembinaan
sivitas akademik.
·
Melaksanakan urusan tata
usaha jurusan.
9. KA PERPUS
·
Penyelenggaraan diklat
teknis dan fungsional perpustakaan.
·
Pembinaan teknis
perpustakaan skala kota.
·
Pengelolaan perpustakaan
sesuai standar.
·
Pengembangan Sarana dan
prasarana perpustakaan sesuai standar.
10. KA
LAB.
Menginventariasi
dan mengevaluasi keberadaan gedung, peralatan dan bahan laboratorium. Mengusulkan
pembelian bahan dan alat praktikum sebulan sebelum praktikum dimulai. Membuat
tata tertib penggunaan laboratorium dan memberlakukannya kepada semua pengguna
laboratorium (mahasiswa, dosen, atau pihak lain).
11. KEPALA R&D
·
Mencari tahu berbagai
informasi dan trend produk secara intensif untuk memperkuat pengetahuan yang
dapat menyokong implementasi dari perkembangan proyek dan riset – riset dasar.
·
Mengkoordinir dan
memonitor proses perkembangan produk, riset dasar, dan riset konsumen yang
dilakukan oleh unit-unit yang bersangkutan.
·
Membantu para karyawan
pabrik untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan perumusan/ resep, bahan
baku, proses secara teknis, material pengemasan, dan proses sanitasi.
·
Mengecek dokumen dan
mengawasi operasi yang berkaitan dengan SOP, proses produksi, pemanduan
analisis, dan kehalalan produk.
·
Memonitor seluruh
pengeluaran dan mencocokkannya dengan budget
2.4 Visi Dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi pusat pendidikan unggulan berbasis ICT (Information &
Communication Technology)
Misi
1.
Mencetak Tenaga Profesional yang Mandiri dan mampu menerapkan
Information & Communication
Technology di dunia kerja
2.
Menghasilkan Riset berkualitas sesuai kebutuhan dan budaya
masyarakat lokal dan nasional.
3.
Melakukan perluasan pengabdian masyarakat, berbasis pada
4.
pengembangan ilmu dan teknologi yang dikuasai, untuk peningkatan
kesejahteraan masyarakat, khususnya dengan peduli pada kaum
miskin.
5.
Meningkatkan produktivitas dengan mengoptimalisasi pengelolaan
sumberdaya, terutama sekali sumberdaya manusianya dan sumberdaya
keuangan berdasarkan pada kegiatan yang relevan.
0 komentar:
Post a Comment